Kamis, 18 Oktober 2012

Cara Membuat Form Kontak di Wordpress

Pada kesempatan ini saya akan coba berbagi Cara Membuat Form Kontak Pada WordPress. yang Form kontak untuk WordPress.com sebetulnya sudah tersedia otomatis tidak perlu menggunakan pihak ketiga kita tinggal mengaktifkannya saja serta kita tinggal menentukan apakah form kontak tersebut hendak disimpan atau disisipkan pada Tulisan atau  Halaman.

Form kontak memiliki fungsi untuk mengirim pesan secara khusus terhadap admin/pemilik blog dimana komentar atau pertanyaan pengunjung blog tidak ingin diketahui oleh pengunjung atau pembaca lain selain admin/pemilik blog.

Langkah pertama Cara Membuat Form Kontak Pada WordPress dari Dasbor blog anda, pilih menu Halaman dan submenu Tambah Baru (ini contoh untuk membuat form kontak yang disisipkan pada menu Halaman). Setelah kotak dialog Halaman Baru aktif, tentukan nama halamannya sebagai contoh saya memberi nama halaman Kontak Saya. Pada mode Visual klik Add a custom form.


Sekarang anda akan dihadapkan pada kotak dialog Add a custom form yang terdiri dari Form builder untuk melakukan proses pembuatan form dan Email notifications untuk menentukan alamat Email pemberitahuan jika ada yang mengirim pesan melalui form yang anda buat. Secara standar tampilan form pada Add a custom form terdiri dari field : Name, Email, Website, dan Comment.


Untuk melakukan perubahan pada form standar yang sudah tersedia otomatis, pindahkan pointer mouse pada form yang hendak anda rubah atau pindahkan posisinya letaknya. Setelah pointer mouse diarahkan pada form/field tertentu, maka akan tampil pilihan move (pindah) dan edit (rubah). Sedangkan untuk yang bertanda min/strip (-) yang terletak pada samping setiap form/field, fungsinya untuk menghapus form/field yang salah atau yang ingin anda buang karena tidak diperlukan. Dibawah juga tersedia link Add a new field, ini berguna untuk menambah form/field.


Jika kita memilih Edit dan Add a new field maka pada samping kanan kita akan dihadapkan pada kotak dialog seperti yang terlihat pada gambar dibawah. Silahkan anda tentukan setiap field sesuai kebutuhan. Anda juga dapat memilih atau memberi tanda centang (Required) pada setiap form/field yang ingin anda tentukan meski wajib untuk diisi setiap pengunjung yang hendak mengirim pesan melalui form kontak yang anda buat.


Proses selanjutnya jika proses pembuatan form pada menu Add a custom form submenu Form builder sudah cukup sesuai kebutuhan anda, sekarang pilih Email notifications untuk menentukan alamat Email pemberitahuan jika ada yang mengirim pesan melalui form yang anda buat. Disini anda dapat menambahkan subject line be, contoh Sekedar Menuruti Kata Hati. Klik Save and go back to form builder, untuk menyimpan pengaturan surat elektronik yang telah anda buat serta kembali ke submenu form builder.


Pada submenu Form builder klik juga Add this form to my post, untuk menambah form yang telah anda buat sekaligus disisipkan pada halaman baru blog anda. Maka pada mode visual akan terbuat script form yang telah anda buat atau aktifkan.


Sebetulnya sampai tahap ini proses pembuatan atau pengaktifpan form sudah selesai tinggal anda modifikasi. Sebagai contoh seperti form kontak yang ada pada menu halaman blog saya disitu tidak tersedia kotak komentar. Caranya untuk menonaktfikan kotak komentar pada halaman tertentu adalah, pada layar kerja Halaman pilih Opsi Layar (terletak pada bagian atas kanan) lalu aktifkan atau centang pada pilihan Diskusi. Maka pada posisi bawah kotak post editor akan tampak sebuah pengaturan Diskusi, hilangkan tanda centang pada Izinkan Komentar.


Selesai, silahkan klik Terbitkan untuk menerbitkan halaman baru yang bersisi form kontak yang telah anda buat, atau pilih Simpan Konsep untuk menyimpan halaman baru yang bersisi form kontak yang telah anda buat.


Untuk tambahan, jika anda tidak mengisi alamat email pada langkah penentuan alamat email (Email notifications) waktu membuat form kontak maka jika setiap ada pengunjung yang mengisi form pada blog anda, pemberitahuannya akan otomatis tampil pada menu Umpan balik/Feedback.



Ok... Now... Selamat Mencoba..!!!

Sukses anak IPI Leppindo..!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas Umpan baliknya, Good Lucky...!
GOD Bless Us....!