Sabtu, 16 Februari 2013

Apa Itu Visual Basic..?

Nama : Radinal Simamamora
sumber : Dosen Wira Victory

Mungkin Pengertian Visual basic yang pernah saya share sebelumnya agak sedikit rumit, untuk itu saya perjelas lagi ya sobat...!

selamat membaca :


Visual Basic adalah salah satu development tools untuk membangun aplikasi dalam lingkungan windows.
Dengan pendekatan visual digunakan untuk merancang user interface dalam bentuk form, sedangkan untuk kodingnya menggunakan bahasa basic yang cenderung mudah dipelajari. Umumnya pembuatan suatu aplikasi dimulai dari perancangan dan pembuatan user interface, mengatur property dari tiap objek yang digunakan, kemudian melakukan pengkodean.

IDE (Integrated Development Environtment) Visual Basic merupakan Lingkungan Pengembangan Terpadu bagi programmer dalam mengembangkan aplikasinya, karena dengan menggunakan IDE programmer dapat membuat User Interface, melakukan koding, melakukan testing dan debugging, kemudian mengkompilasi program menjadi executable.
Visual Basic merupakan bahasa pemrograman tercepat dan termudah untuk membuat suatu aplikasi dalam Micosoft Windows.
Menjalankan Visual Basic 6.0

Dalam pengembangan aplikasi, Visual Basic menggunakan pendekatan Visual untuk merancang user interface dalam bentuk form, sedangkan untuk kodingnya menggunakan dialek bahasa Basic yang cenderung mudah dipelajari. Visual Basic telah menjadi tools yang terkenal bagi para pemula maupun para developer.
1.Klik menu Start 2.Klik menu Program
3.Klik Microsoft Visual Basic 6.0
4.Klik Microsoft Visual Basic 6.0.
5.Pilih Standard EXE
6.Klik Open

Catatan : Seperti aplikasi Windows umumnya, anda dapat juga mengaktifkan IDE Visual Basic dengan melakukan open terhadap file yang berkaitan dengan Visual Basic, misalnya file *.vbp yang merupakan file project dari Visual Basic.

semoga bermanfaat dan lebih gampang dipahami bagi pemula seperti saya, Lanjutkan Membaca artikel lain sobat. terimakasih atas kunjugan sobat smua..! :)



 

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas Umpan baliknya, Good Lucky...!
GOD Bless Us....!