Selasa, 09 April 2013

Fungsi Uang

Fungsi Uang 

Selamat pagi sobat, pada postingan sebelumnya saya sudah menjelaskan pengertian dari Uang, sekarang saya akan melanjutkan kembali dengan pembahasan apasih sebenarnya Fungsi Uang ... simak ya sobat..!

Gambar Uang RI

Uang Selain dikenal sebagai alat tukar ternyata uang memiliki fungsi lain yang lebih luas yang dalam perkembangannya ternyata memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk melakukan berbagai macam kepentingan didalam kehidupannya sehari-hari. Fungsi-fungsi dari uang secara umum yang ada dewasa ini adalah sebagai berikut : 

1. Alat tukat menukar
Fungsi uang adalah untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pertukaran dimana dapat digunakan untuk melakukan pembayaran  terhadap pembelian barang atau jasa atau penerimaan uang karena telah  terjadi penjualan terhadap suatu barang atau jasa. 

2. Satuan hitung
Berfungsi untuk membantu masyarakat dalam menentukan dan menunjukkan nilai suatu barang atau jasa secara mudah. Sebagai  contoh harga motor Honda kharisma dengan rem cakram harganya sebesar Rp 13.000.000sedangkan motor Honda Suprafit harganya sebesar Rp 9.700.000. Dengan fungsi uang sebagai
satuan hitung kita dapat melihat perbedaan harga dari dua motor yang berbeda jenis. 

3. Penimbun kekayaan
Dengan adanya uang seseorang dapat menyimpan sejumlah uang tanpa harus cemas bahwa uang tersebut akan busuk ataupun rusak.Karena uang telah didesain sedemikan rupa agar dapat tahan lama, sehingga masyarakat dapat menjadikan uang sebagai alat penimbun kekayaan. Sedangkan uangyang disimpan dapat
berupa uang tunai ataupun dapat disimpan dengan cara ditabung sebagai motif berjaga-jaga, dengan begitu ada manfaat lain yang diperoleh yaitu bunga sebagai balas jasa. 

4. Standar pencicilan Hutang
Dengan adanya uang, masyarakat juga menjadi terbantu dalam hal untuk mempermudah dalam standar pencicilan hutang secara  benar dan tepat baik secara tunai maupun secara angsuran, dan dengan adanya uang seseorang dapat dengan lebih mudah menghitung hutang piutang yang harus dibayar atau diterima
untuk masa sekarang ataupun yang akan diterima padamasa yang akan datang. 

sekian penjelasan saya kali ini mengenai Fungsi Uang, untuk mengetahui Kriteria Uang, dapat sobat baca artikel selanjutnya yaitu mengenai Kriteria Uang.
Salam Sukses...!




 

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas Umpan baliknya, Good Lucky...!
GOD Bless Us....!