Selasa, 09 April 2013

Pengertian Uang


A. Pengertian uang 

Gambar Uang RI
Saat sekarang ini masyarakat dalam melakukan transaksi lebih cenderungmenggunakan uang, walaupun belum seluruh daerah di  wilayah Indonesia masyarakatnya melakukan transaksi dengan menggunakan uang.
Pada awal mulanya masyarakat lebih mengenal sistem  barter ketika merekamelakukan transaksi, namun dalam pelaksanaannya sehari-hari ternyata masyarakatbanyak menemui kendala pada saat mereka menggunakansistem barter. 

Berikut beberapa kendala yang sering dialami sistembarter dalam melakukan
transaksi antara lain (Kasmir, 2001);
1. Sulit menemukan orang yang mau menukarkan barangnya yang sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.
2. Sulit untuk menentukan nilai barang yang akan ditukarkan terhadap barang yang diinginkan
3. Sulit menemukan orang yang mau menukarkan barangnya dengan jasa yang dimiliki atau sebaliknya.
4. Sulit untuk menemukan kebutuhan yang mau ditukarkan pada saat yang cepat sesuai dengan keinginan.   
     Artinya untuk memperoleh barang yang diinginkan memerlukan waktu yang terkadang relatif lama.

Pengertian uang adalah sesuatu yang diterima secaraumum oleh masyarakat sebagai alat pembayaran disuatu wilayah tertentu dari transaksi ekonomi yang dilakukan untuk pembelian barang atau jasa atau untuk pembayaran hutang.Uang dikatakan sebagai alat pembayaran disuatu wilayah tertentu, karena uang terbagi atas kawasan. Dimana suatu mata uang hanya dapat dipakaididaerah tertentu saja dan tidak dapat dipakai di luar kawasan tersebut namun  ada juga uang yang dapat dipakai di luar dari kawasan yang menerbitkannya.

Uang merupakan sesuatu yang tidak dapat terlepas dari kehidupan masyarakat saat ini karena uang memegang peranan yang sangat penting untuk jalannya roda perekonomian. Bahkan jumlah uang yang beredar dimasyarakat dapat menjadi patokan dimana kita dapat melihat seberapa kuat perekonomian di suatu negara. 


sekian penjelasan saya kali ini mengenai Pengertian Uang, untuk mengetahui Fungsi Uang, dapat sobat baca artikel selanjutnya yaitu mengenai Fungsi Uang.
Salam Sukses...!




 

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas Umpan baliknya, Good Lucky...!
GOD Bless Us....!